Thursday 15 June 2017

Pengertian dan Definisi dari User Interface(UI) dan Fungsinya serta Penggunaannya

Hello Niver😁
Nah, kali ini memen pengen share artikel nih tentang Pengertian dan Defenisi dari User Interface(UI) dan Fungsi dari User Interface(UI) serta Penggunaan dari User Interface dalam kehidupan sehari-hari.
Nah, Bagi niver yang sedang mencari Pengertian dan Defenisi dari Antarmuka Pengguna (User Interface) dan Fungsi dari Antarmuka Pengguna serta Penggunaan dari Antarmuka Pengguna dalam kehidupan sehari-hari pas banget sedang membuka artikel ini😆
Tunggu apalagi, Baca dan Simak ya😊

Pengertian User Interface

Pengertian dan Definisi dari User Interface(UI) dan Fungsinya serta Penggunaannya
Antarmuka pengguna (dalam bahasa Inggris disebut: user interface) adalah mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem,atau bentuk sistem tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user),atau bisa juga sebuah antarmuka pengguna sistem di mana pengguna berinteraksi dengan mesin. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.

Pengertian lainnya dari antarmuka (interface) adalah cara program dan user berkomunikasi dan salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
Pengertian dan Definisi dari User Interface(UI) dan Fungsinya serta Penggunaannya
Istilah user interface atau interface kadang-kadang digunakan sebagai penggati istilah HCI (Human Computer Interaction). HCI (Human Computer Interface) adalah semua aspek dari interaksi pengguna dan computer, tidak hanya hardware. Semuanya yang terlihat dilayar, membaca dalam dokumentasi dan dimanipulasi dengan keyboard (atau mouse) merupakan bagian dari user interface atau bisa dibilang desktop niver.

Fungsi User Interface

Pengertian dan Definisi dari User Interface(UI) dan Fungsinya serta Penggunaannya
User interface (UI) berfungsi untuk :
  1. Menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan dan untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan. 
  2. User Interface berfungsi untuk menghubungkan atau penterjemah informasi antara pengguna dengan system operasi, sehingga komputer dapat digunakan. Dengan demikian, user interface bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Use interface dari sisi software bias berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command Line Interfae (CLI), sedangkan dari sisi hardware bias berbentuk Aplle Desktop Bus (ADB), USB, dan fire wire.

Nah, User Interface ini mencakup Input dan Output. 

Pengertian dan Definisi dari User Interface(UI) dan Fungsinya serta Penggunaannya
User Interface hadir untuk berbagai sistem berupa input dan output, dan menyediakan cara tersebut untuk:

Input : memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem.(atau disebut Creator User Interface)

Output: memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari manipulasi pengguna.(atau disebut Pengguna User Interface)

Penggunaan User Interface

Contoh Penggunaan User Interface dalam bidang industri gula dengan menggunakan pushbotton.

User Interface (UI) dalam bidang desain industri interaksi terjadi pada manusia-mesin, yakni sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi. Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional. 
Pengertian dan Definisi dari User Interface(UI) dan Fungsinya serta Penggunaannya
Secara umum, tujuan dari teknik interaksi manusia-mesin adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka pengguna yang membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan sebuah mesin dengan cara yang menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa operator harus menyediakan input minimal untuk mencapai output yang diharapkan, dan juga bahwa mesin harus meminimalkan output yang tidak diinginkan.

Contoh-contoh dari konsep luas antarmuka pengguna ini termasuk aspek-aspek interaktif dari sistem operasi komputer, alat-alat, kontrol operator mesin berat, dan kontrol proses. Pertimbangan desain berlaku ketika membuat antarmuka pengguna yang berkaitan atau melibatkan disiplin-disiplin ilmu seperti ergonomi dan psikologi.

Nah, itu contoh penggunaan User Interface dalam bidang industri. Bagaimana dengan Penggunaan User Interface dalam kehidupan sehari - hari ?

Pengertian dan Definisi dari User Interface(UI) dan Fungsinya serta Penggunaannya
User Interface Windows 8
Penggunaan User Interface yang sering kita jumpa di kehidupan sehari-hari dan yang sering gunakan ketika menggunakan komputer. Dimana komputer tersebut menggunakan Operasi System(OS) seperti WINDOWS, MAC, LINUX dan OS lainnya. Dan tampilan komputer atau desktop yang kita lihat merupakan salah satu contoh dari User Interface.
Pengertian dan Definisi dari User Interface(UI) dan Fungsinya serta Penggunaannya
UI Android
Tidak hanya komputer, User Interface juga digunakan dalam penggunaan Handphone dan Smartphone (Android maupun iPhone). Penggunaan icon dan tampilan dalam Handphone dan Smartphone tersebut adalah salah satu contoh dari User Interface.

KESIMPULAN

Jadi, memen ambil kesimpulan bahwa User Interface (UI) atau Antarmuka Pengguna itu adalah suatu tampilan pada mesin atau komputer untuk menjalankan sistem. Jadi, kalian tidak hanya bisa menggunakan User Interface saja, tentu saja kalian bisa membuat user interface kalian sendiri seperti tema untuk windows maupun android.

Baiklah, sekian yang bisa memen share. Kalau ada kesalahan dalam artikel ini mohon dimaafkan ya niver😊
Terima Kasih😁

Ayoo,, Jangan Diam Saja
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

Ditulis Oleh : Imam Faried

Terimakasih atas kunjungan Anda Karena telah membaca artikel Pengertian dan Definisi dari User Interface(UI) dan Fungsinya serta Penggunaannya. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Semoga Pengertian dan Definisi dari User Interface(UI) dan Fungsinya serta Penggunaannya ini memang bermanfaat bagi anda. Jika ingin Meng-Copy Artikel Pengertian dan Definisi dari User Interface(UI) dan Fungsinya serta Penggunaannya Jangan lupa untuk cantumkan Sumber Link website ini ya. Terima Kasih, Happy Blogging :)
Show Comments: OR

0 comments:

Post a Comment

Hallo Pengunjung ^^
Komentar anda sangat dibutuhkan, karena akan membuat kami lebih bersemangat untuk membagikan ilmu ^^
Jadi, jangan ragu untuk berkomentar ^^
Emoticon sudah disediakan untuk pengunjung yang bisa memberikan penilaian terhadap postingan ini ^^

Terima kasih ^^