Thursday 15 June 2017

Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface

Wah, Niver lagi😁
Kebetulan, memen sedang semangat nih pengen share artikel tentang Jenis-Jenis dari User Interface (UI) Serta teknik penyampaian dari User Interface.
Tunggu sebentar, kalian emang tau apa pengertian dari user interface ini ? wah belum tau ? jangan lanjut dulu. Kalian perlu melihat Pengertian dari User Interface itu sendiri. Kalau sudah lanjut aja😂
Nah, Tunggu apalagi ? Masih hangat kok😋
Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface

Jenis-jenis User Interface

Nah, Seperti yang kita ketahui dalam artikel, Ada 2 jenis user interface, yaitu:

Command Line Inteface (CLI) :

Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface
CLI
CLI (Command Line Interface) adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan system operasi melalui text terminal dan Pengguna(user) menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu 

Pengertian lainnya dari CLI adalah sebuah bentuk antarmuka antara sistem operasi dan pemakai dimana pemakai mengetikkan perintah-perintah dengan menggunakan perintah dalam bentuk teks dan sebuah metode untuk memasukinya.
Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface
CLI command prompt
Pengguna CLI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Setiap sistem operasi memberi nama CLI- nya berbeda-beda. Unix member nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Ms-Dos memberi nama CLI-nya command.com atau command prompt. Sedangkan Windows Vista, Microsoft menamakannya Powershell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai Terminal, sedangkan pada Apple atau machintosh namanya adalah commandshell.

Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.

Graphical User Interface (GUI)

Saat ini interface yang banyak digunakan dalam software adalah GUI (Graphical User Interface). Penganut GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan system operasi Wndows. Bagi mereka, GUI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.

Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface
Sama seperti CL, tiap-tiap siste operasi memiliki nama tersendiri untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS X, GUI-nya disebut Aqua. Microsoft member nama GUI pada Windows XP sebagai Lunar dan GUI Windows Vista sebagai Aero. Pada Linux, ada dua pengembangan utama desktop environment, yang masing-masing menghasilkan produk KDE (K Desktop Environment) dan GNOME.

Nah niver, Dalam Jenis-Jenis User Interface yang telah kita bahas, terdapat 6 macam fitur telematika dalam User Interface tersebut. Fitur-fitur itu antara lain:

1.Head Up Display System (HUD)

Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface
Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.

2.Tangible User Interface (TUI)

Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface
Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.

3.Computer Vision

Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface
Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis. Wah, seperti Robot yang sedang melihat ya niver :v

4.Browsing Audio Data

Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface
Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Jaringan video/audio metode browsing mencakupi langkah-langkah sebagai berikut : 

  • Menjalankan sebuah program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera IP.Transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name Server) oleh program aplikasi.
  • Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi compile ke layanan server melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan video / audio data yang ditangkap oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video / audio data melalui Internet.

5.Speech Recognition

Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. 

Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.

6.Speech Synthesis

Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.

Teknik Penyampaian User Interface

Nah, Terdapat tiga teknik penyampaian pada User Interface untuk Pengguna(user) antara lain:
  • Linguistic styles
  • Key modal styles
  • Direct manipulation styles
Oke, kita bahas satu persatu okey niver ?

LINGUISTIC STYLES

Linguistic styles adalah penyampaian “aksi” melalui bahasa yang dimengerti oleh computer. Ciri-ciri teknik ini antara lain:
  • Masukan aksi melalui papan ketik alphabet yang ditulis atau diketik.
  • Bahasa yang dimengerti oleh computer merupakan bagian kecil dari bahasa manusia
  • Adanya aturan penulisan (syntax) dan semantic untuk menyatakan perintah

KEY MODALS STYLE

Key Modals Style adalah penyampaian aksi melalui penekanan tombol-tombol yang deprogram sebelumnya untuk menjalankan fungsi-fungsi. Ciri-ciri teknik ini antara lain:
  • Masukan aksi melalui tombol fungsi atau tombol alphabet
  • Instruksi langkah demi langkah
  • Digunakan dalam system berjalan

DIRECT MANIPULATION STYLE

Direct Manipulation Style adalah penyampaian perintah melalui manipulasi objek tertentu. Ciri-ciri teknik ini antara lain:
  • Ditampilkannya objek untuk interaksi pengguna
  • Ditampilkannya penunjuk untuk memanipulasi objek
  • Perintah diterapkan langsung pada objek
  • Respon seketika pada fungsi objek
Nah, Sekian yang bisa memen sampaikan. Kalau ada kesalahan mohon dimaafkan, soalnya memen manusia juga lho 😂
Dan satu hal lagi niver, silahkan lihat artikel ini 'Sejarah Kerajaan Demak' mana tau kalian tertarik😋
Oke, Terima kasih ya niver sudah berkunjung😁

Ayoo,, Jangan Diam Saja
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

Ditulis Oleh : Imam Faried

Terimakasih atas kunjungan Anda Karena telah membaca artikel Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Semoga Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface ini memang bermanfaat bagi anda. Jika ingin Meng-Copy Artikel Jenis-Jenis dari User Interface (UI) serta Fiturnya dan Teknik Penyampaian User Interface Jangan lupa untuk cantumkan Sumber Link website ini ya. Terima Kasih, Happy Blogging :)
Show Comments: OR

1 comments:

Hallo Pengunjung ^^
Komentar anda sangat dibutuhkan, karena akan membuat kami lebih bersemangat untuk membagikan ilmu ^^
Jadi, jangan ragu untuk berkomentar ^^
Emoticon sudah disediakan untuk pengunjung yang bisa memberikan penilaian terhadap postingan ini ^^

Terima kasih ^^