Friday 18 August 2017

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir

Iman Kepada Hari Akhir
Sebelum pengertian Iman kepada hari akhir, kita harus tau dulu apa sih itu hari akhir ? apa itu hari kiamat ? oke kita bahas dulu ya.

Apa yang dimaksud dengan hari akhir atau hari kiamat ?


Hari akhir atau disebut juga hari kiamat adalah berakhirnya kehidupan di dunia dan musnahnya kehidupan alam semesta. Dimana langit akan digulung, gunung akan berterbangan seperti bulu yang ditiup, dan bumi akan hancur lebur. 

Untuk lebih mengetahui gambarannya, didalam Al-Qur'an terdapat banyak surat yang menggambarkan dahsyatnya kejadian hari kiamat dan mencekamnya keadaan pada hari itu, nah diantaranya dijelaskan dalam surat Al-Qari'ah (101): 1-9 berikut ini :

الْقَارِعَةُ ﴿١﴾ مَا الْقَارِعَةُ ﴿٢﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ ﴿٣﴾ يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ ﴿٤﴾ وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنفُوشِ ﴿٥﴾ فَأَمَّا مَن ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ ﴿٦﴾ فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَّاضِيَةٍ ﴿٧﴾ وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ ﴿٨﴾ فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ ﴿٩﴾ وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ ﴿١٠﴾ نَارٌ حَامِيَةٌ ﴿﴾١١

Arti surat Al-Qariah :

Dengan menyebut nama ALLAH yang maha pengasih lagi maha penyayang. 
1. Hari Kiamat, 
2. apakah hari Kiamat itu? 
3. Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? 
4. Pada hari itu manusia seperti kupu-kupu yang bertebaran, 
5. dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. 
6. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, 
7. maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. 
8. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, 
9. maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. 
10. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? 
11. (Yaitu) api yang sangat panas.

Jadi, beriman kepada hari akhir atau hari kiamat itu gimana ? Oke, memen jelaskan 

Nah, adapun beriman kepada hari akhir atau hari kiamat maksudnya adalah yakin dan percaya akan datangnya hari kiamat dan yakin adanya kehidupan akhirat yang kekal dan abadi setelah kehidupan di dunia yang fana ini. Hari akhir merupakan rukun iman yang ke 5 loh.
Iman Kepada Hari Akhir

Jadi, adakah yang tau kapan kiamat itu terjadi ? tentu saja tidak ! tidak seorangpun yang mengetahuinya. Bisa jadi ketika kalian sedang membaca artikel ini, kiamat pun terjadi. Kita tidak tau tentang kapan terjadinya hari kiamat. Hal ini merupakan rahasia Allah swt yang telah ditegaskan dalam firman berikut :


إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْأَرْحَامِ ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا ۖ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ (QS. LUQMAN (31):34)
Arti surat Luqman Ayat 34 :
"Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dialah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

dan juga dalam firman berikut.
إِنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ أَكَادُ أُخْفِيهَا لِتُجْزَىٰ كُلُّ نَفْسٍ بِمَا تَسْعَىٰ
(QS. TAHA (20):15)
Arti Surat Taha ayat 15 :
"Segungguhnya hari kiamat itu akan datang Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan."

Banyak manusia yang tidak percaya hari kiamat, dan mengingkari datangnya hari itu. Mengenai orang yang tidak mengetahui adanya hari akhir dan mengingkarinya tergambar dalam ayat berikut.
وَقَالُوا مَا هِيَ إِلَّا حَيَاتُنَا الدُّنْيَا نَمُوتُ وَنَحْيَا وَمَا يُهْلِكُنَا إِلَّا الدَّهْرُ ۚ وَمَا لَهُمْ بِذَٰلِكَ مِنْ عِلْمٍ ۖ إِنْ هُمْ إِلَّا يَظُنُّونَ
(QS. Al-Jasiyah (45):24)
Arti surat Al-Jasiyah ayat 24 :
"Dan mereka berkata: "Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang akan membinasakan kita selain masa", dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja."

Adaupun orang-orang yang beriman kepada hari akhir tergambar dalam ayat berikut.
إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَادُوا وَالنَّصَارَىٰ وَالصَّابِئِينَ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
(QS. Al-Baqarah (2):62)
Arti surat Al-Baqarah ayat 62 :
"Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati."

Jadi nivers, sesungguhnya merugilah orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan tentang datangnya hari akhir, karena iman kepada hari akhir itu sangatlah penting dan merupakan rukun iman yang ke 5.

Oke nivers, sekian dari memen :v
kalau ada kesalahan dan kekurangan tolong dimaafkan dan diberitahu ya ^^
terima kasih ^^

Ayoo,, Jangan Diam Saja
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

Ditulis Oleh : Imam Faried

Terimakasih atas kunjungan Anda Karena telah membaca artikel Pengertian Iman Kepada Hari Akhir. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Semoga Pengertian Iman Kepada Hari Akhir ini memang bermanfaat bagi anda. Jika ingin Meng-Copy Artikel Pengertian Iman Kepada Hari Akhir Jangan lupa untuk cantumkan Sumber Link website ini ya. Terima Kasih, Happy Blogging :)
Show Comments: OR

0 comments:

Post a Comment

Hallo Pengunjung ^^
Komentar anda sangat dibutuhkan, karena akan membuat kami lebih bersemangat untuk membagikan ilmu ^^
Jadi, jangan ragu untuk berkomentar ^^
Emoticon sudah disediakan untuk pengunjung yang bisa memberikan penilaian terhadap postingan ini ^^

Terima kasih ^^