Sunday 21 May 2017

Pidato tentang Persiapan Menghadapi Ujian Nasional

Hey Niver...✋
Bentar lagi ujian nasional ya ? apa ? kamu disuruh nyampaikan pidato tentang persiapan menghadapi ujian nasional ? begitu ya, baiklah memen punya nih pidato untuk persiapan menghadapi ujian nasional.😋
Nih, boleh dicoba kok😄

PIDATO TENTANG PERSIAPAN MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Tema : Pendidikan
Judul : Menjelang Ujian Nasional banyak Siswa Berburu Bocoran Soal

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Pertama-tama marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT. karena atas izin-Nya kita dapat berkumpul kembali di kelas kita ini. 

Pada kesempatan ini, saya ingin membahas trending topic di kalangan para siswa tingkat akhir di setiap jenjang pendidikan. Yaitu, Ujian Nasional. Tetapi, saya bukannya ingin membahas tentang berbagai persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional, melainkan tentang fenomena pemburuan bocoran-bocoran soal Ujian Nasional.

Alih-alih belajar, beberapa siswa malah membuang waktu dan finansial mereka untuk berburu bocoran soal Ujian Nasional.  Ada apa dengan para siswa tersebut? Apakah mereka tidak mampu lagi belajar? Ataukah para guru yang telah gagal mendidik mereka? Ataukah mungkin, ini kesalahan dari para penyusun kebijakan Ujian Nasional?  Tentu saja, kita tidak bisa mengambil keputusan secepat itu. Ini memang bukanlah contoh yang baik, namun kita dapat belajar dari pengalaman ini. Ketakutan akan Ujian Nasional membuat mereka menutup mata hati dan berpikir instant. Iming-iming kunci jawaban, dengan mengorbankan sejumlah uang, mereka malah mendapat kunci jawaban palsu. Apakah kita mau menjadi seperti mereka? Menukarkan uang untuk melakukan hal yang sia-sia?

Guru-guru telah berusaha keras mendidik kita untuk menghadapi Ujian Nasional. Mereka tentunya tidak akan memberi bocoran kepada kita, karena mereka juga tidak tahu pasti soal apa yang akan muncul nanti. Mereka sama seperti kita, cemas dan khawatir. Karena jika kita gagal, maka itu berarti mereka juga telah gagal mendidik kita. Tidak ada guru yang ingin para siswanya gagal.

Setelah semua persiapan yang telah diberikan para guru kepada kita, tinggal kita yang menentukan nasib kita sendiri. Kita tidak bisa bergantung kepada orang lain, karena setiap siswa menanggung bebannya masing-masing. Kita tidak bisa hanya menerima materi dari para guru. Kita juga harus berusaha mempersiapkan diri kita.

Untuk apa fasilitas internet yang kita miliki jika kita tidak memanfaatkannya dengan maksimal? Jangan sampai, kita menguasai internet hanya sebatas pemanfaatannya sebagai jejaring sosial. Internet pada sejatinya dibuat untuk memudahkan pencarian informasi dan jejaring sosial hanyalah contoh kecil pengembangannya. Selain internet, masih banyak media lain yang bisa kita gunakan. Ada ribuan buku di perpustakaan, ada banyak teman di sekeliling kita. Kita bisa menutupi kekurangan kita dengan kelebihan teman kita, begitu pula sebaliknya. Seperti salah satu materi di Ilmu Alam, Simbiosis Mutualisme, saling menguntungkan.

Dari semua persiapan yang diberikan guru kita, maupun yang kita usahakan sendiri, tentunya bisa membuat kita lebih siap menghadapi Ujian Nasional. Sudah banyak siswa yang menyia-nyiakan uangnya untuk memburu bocoran soal palsu. Daripada menghabiskan waktu untuk memburu soal, lebih baik kita belajar sebaik mungkin. Maukah semua kerja keras kita belajar selama dua tahun dihancurkan begitu saja dengan kegagalan kita selama delapan jam? Hilangkanlah kebiasaan menghabiskan waktu dan uang untuk memburu bocoran soal, sebelum kita menyesal. Karena seperti biasa, penyesalan selalu datang terakhir.

Pada akhirnya, cukup sekian yang bisa saya sampaikan. Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Bagaimana niver ? Mohon Maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan😔
Dan Terima Kasih banyak ya sudah berkunjung😊

Ayoo,, Jangan Diam Saja
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

Ditulis Oleh : Imam Faried

Terimakasih atas kunjungan Anda Karena telah membaca artikel Pidato tentang Persiapan Menghadapi Ujian Nasional. Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Semoga Pidato tentang Persiapan Menghadapi Ujian Nasional ini memang bermanfaat bagi anda. Jika ingin Meng-Copy Artikel Pidato tentang Persiapan Menghadapi Ujian Nasional Jangan lupa untuk cantumkan Sumber Link website ini ya. Terima Kasih, Happy Blogging :)
Show Comments: OR

0 comments:

Post a Comment

Hallo Pengunjung ^^
Komentar anda sangat dibutuhkan, karena akan membuat kami lebih bersemangat untuk membagikan ilmu ^^
Jadi, jangan ragu untuk berkomentar ^^
Emoticon sudah disediakan untuk pengunjung yang bisa memberikan penilaian terhadap postingan ini ^^

Terima kasih ^^